Rabu, 02 Maret 2016

Kunci Sukses Anak Di Sekolah, Sarapan!

Kadang sebagai orang tua kita sampai bosan bilang kepada anak-anak kita jika hendak berangkat sekolah harus sarapan dulu. Itulah anak jaman sekarang paling susah disuruh sarapan, senangnya ya jajan di sekolah, padahal belum tentu jajanan itu sehat. 
Perlu anda ketahui, jika setiap akan berangkat sekolah anak kita sarapan terlebih dahulu itu akan membantu proses berfikir anak sehingga bisa mencapai prestasi di sekolah.
Jika anak tidak menunjukkan adanya peningkatan nilai akademis, bisa jadi anak tidak bisa cukup fokus dan berkonsentrasi saat menerima pelajaran di sekolah, Moms. Kalau anak bisa fokus pada pelajarannya dengan baik, maka ia akan lebih mudah berprestasi. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi anak di sekolah adalah sarapan.

Sebuah penelitian menunjukkan kalau anak yang makan sarapan bergizi bisa 4,5 kali lebih berprestasi di sekolah lho, Moms. Namun, nggak banyak ibu yang tahu akan pentingnya sarapan untuk si kecil. Fakta bahkan menyebutkan bahwa 60% anak Indonesia tidak memiliki kebiasaan sarapan dan 44,6% anak Indonesia tidak mendapatkan sarapan yang bergizi.

Walau terkesan sepele, sarapan mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Setelah bangun pagi, tubuh memerlukan kesiapan energi otak dan stamina. Itulah sebabnya sarapan yang menyumbang 20-25% total energi harian sangat dibutuhkan untuk mengisi cadangan energi awal saat memulai aktivitas. Sarapan juga berfungsi mencegah sulit BAB, Hipoglikemia, pusing, loyo, kerakusan, dan kegemukan. Yang terpenting adalah sarapan membuat otak lebih tajam dan lebih mudah berkonsentrasi.
Sarapan yang ideal pun sebaiknya mengandung tiga zat gizi utama, yakni Go (karbohidrat), Grow (protein), serta Glow (vitamin dan mineral).
Memulai hari dengan rutin sarapan tentu akan sangat membantu si kecil lebih konsentrasi dalam menerima pelajaran sehingga ia bisa mendapatkan nilai terbaik di sekolah. Ia pun jadi lebih berenergi sepanjang hari dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuhnya meningkat. Yuk, terapkan perilaku dan budaya makan sehat melalui sarapan!

7 komentar:

  1. betul banget.. selain mempersiapkan belajar untuk anak-anak, sebelum berangkat ke sekolah anak-anak memang wajib untuk sarapan agar konsentrasi mereka tetap terjaga

    BalasHapus
  2. Sarapan itu harus, tapi jangan sampai kekenyangan karena bisa menyebabkan kantuk saat belajar di sekolah.

    BalasHapus